· Untuk
mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/perkembangannya.
· Untuk
mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya.
· Untuk
mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat perkembangan
tertentu.
· Agar
dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan
dihadapi anak.
· Khusus
bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai
dengan kebutuhan anak, terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar.
· Meberikan,
mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang
sedang berkembang sesuai tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal,
dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan
sosial-budaya manasaja
· Memperlajarai
karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif,
maupun psikosional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar