Sabtu, 31 Desember 2016

Pembelajaran Pendidikan

                 Menurut Dimyati dan Mudjiono (Syaiful Sagala, 2011: 62) mengatakan bahwa “Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan nilai yang baru.”

Pada umumnya, mengajar adalah usaha guru untuk mengatur dan menciptakan kondisi lingkungan sedemikian rupa sehingga terjadi interaksi antara siswa dengan lingkungan disekitarnya, seperti guru, alatpendukung pembelajaran, dan sebagainya yang disebut proses belajar, sehingga tercapai tujuan belajar yang telah ditentukan.

Demikian pula dengan menggunakan suatu metode mengajar untuk segala tujuan belajar, tidaksemua dapat berlangsung secara efektif. Permasalahannya terletak pada menentukan manakah model dan metode mengajar yang tepat untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu, dalam penerapannya pada kurikulum baru yang menuntut siswa lebih berpikir kreatif, inovatif, melibatkan keaktifan dan kerjasama siswa dalam pembelajaran dimana siswa melakukan diskusi kelompok dalam menyampaikan hasil diskusinya.

Suyatno.(2009).Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Buana Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar