1.
Konsep
Diri dan Harga Diri
Dalam
kegiatan belajar mengajar, konsep diri sangat penting untuk diketahui oleh
peserta didik. Karakteristik peserta didik usia sekolah dasar sangat beragam
sehingga dalam praktiknya, seorang guru harus mengetahui dan memahami konsep
diri siswa secara mendalam. Ada 3 dimensi utama dari konsep diri sebagai
berikut.
a.
Pengetahuan
Dimensi pertama dari konsep diri
adalah apa yang kita ketahui tentang diri sendiri atau penjelasan dari “siapa
saya” yang akan memberikan gambaran tentang diri saya.
b.
Harapan
Dimensi kedua dari konsep diri
adalah dimensi harapan atau diri yang dicita-citakan di masa depan. Kita juga
mempunyai pengharapan bagi diri kita sendiri, penghargaan ini merupakan
diri-ideal (self-ideal) terdiri atas
dambaan, aspirasi, harapan, keinginan bagi diri kita, atau menjadi manusia
seperti apa yang kita inginkan.
c.
Penilaian
Dimensi ketiga dalam konsep diri
adalah penilaian kita terhadap diri sendiri. Menurut Callhoun dan Acocella
(1990), setiap hari kita berperan sebagai penilaian tentang diri sendiri,
menilai apakah kita bertentangan dengan:
(1) Pengharapan
bagi dirikita sendiri (2) Sandaran yang kita tetapkan bagi diri kita sendiri.
2.
Konsep
Diri dalam Prestasi Belajar
Untuk
mengetahui hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar, Fink (dalam Burns,
1982) melakukan penelitian dengan menggunakan sejumlah siswa laki-laki dan siswa perempuan yang dipasangkan
berdasarkan tingkat intelegensi mereka, selain itu mereka juga digolongkan
berdasarkan prestasi belajar mereka, yaitu kelompok prestasi lebih (overachievers) dan kelompok prestasi
kurang (underachievers).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar