Jumat, 23 Desember 2016

Pengembangan Konsep Diri dan Harga Diri Peserta Didik

1.    Konsep Diri dan Harga Diri
Dalam kegiatan belajar mengajar, konsep diri sangat penting untuk diketahui oleh peserta didik. Karakteristik peserta didik usia sekolah dasar sangat beragam sehingga dalam praktiknya, seorang guru harus mengetahui dan memahami konsep diri siswa secara mendalam. Ada 3 dimensi utama dari konsep diri sebagai berikut.
a.    Pengetahuan
Dimensi pertama dari konsep diri adalah apa yang kita ketahui tentang diri sendiri atau penjelasan dari “siapa saya” yang akan memberikan gambaran tentang diri saya.
b.    Harapan
Dimensi kedua dari konsep diri adalah dimensi harapan atau diri yang dicita-citakan di masa depan. Kita juga mempunyai pengharapan bagi diri kita sendiri, penghargaan ini merupakan diri-ideal (self-ideal) terdiri atas dambaan, aspirasi, harapan, keinginan bagi diri kita, atau menjadi manusia seperti apa yang kita inginkan.
c.    Penilaian
Dimensi ketiga dalam konsep diri adalah penilaian kita terhadap diri sendiri. Menurut Callhoun dan Acocella (1990), setiap hari kita berperan sebagai penilaian tentang diri sendiri, menilai apakah kita bertentangan dengan:
(1) Pengharapan bagi dirikita sendiri (2) Sandaran yang kita tetapkan bagi diri kita sendiri.
2.    Konsep Diri dalam Prestasi Belajar
Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar, Fink (dalam Burns, 1982) melakukan penelitian dengan menggunakan sejumlah siswa laki-laki dan siswa perempuan yang dipasangkan berdasarkan tingkat intelegensi mereka, selain itu mereka juga digolongkan berdasarkan prestasi belajar mereka, yaitu kelompok prestasi lebih (overachievers) dan kelompok prestasi kurang (underachievers).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar