Siswa dikelompokkan secara heterogen kemudian siswa
yang pandai menjelaskan anggota lain sampai mengerti.
Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang
anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin,
suku, dll.).
2. Guru menyajikan
pelajaran.
3. Guru memberi tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok. Anggota yang tahu
menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
4. Guru memberi kuis /
pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu.
5. Memberi evaluasi.
6. Penutup.
Kelebihan:
1. Seluruh siswa menjadi
lebih siap.
2. Melatih kerjasama dengan
baik.
Kekurangan:
1. Anggota kelompok semua
mengalami kesulitan.
2. Membedakan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar