Kamis, 15 Desember 2016

Menjadi Pendidik adalah Hal yang Baik

Hasil gambar untuk gambar pendidik

Pengetahuan tidak hanya bermanfaat dan kebetulan belaka, yang merupakan milik kita hari ini maupun besok,  yang dapat kita bawa ketika ada kesempatan, kita genggam dalam tangan lalu membawanya ke pasar; ini adalah sebuah cahaya yang kita peroleh, ini adalah sebuah kebiasaan, sebuah barang pribadi dan anugrah kita.

Seorang guru mungkin mengajar sebuah pelajaran seperti IPA dengan jurusan murni atau dalam pandangan akhir yang ekonomis… melengkapi orang-orang dalam bentuk penjurusan atau melayani sebuah kebutuhan nasional dengan tenaga manusia terlatih, tanpa banyak berpikir tentang perkembangan individu yang terkait, sebagai individu. Tapi mengajar orang dengan pandangan akhir yang terbatas harus dibedakan dari cara mendidik orang. (Hirst dan Peters, 1970, halaman 28).  Unsur pusat dari ideologi ini adalah bahwa pendidikan dan pengetahuan adalah baik, sebuah akhir dalam diri mereka, dan bukan sebuah arti biasa, akhir yang bermanfaat karena telah mendidik dan mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat pada muridnya. Sehingga, menurut Cardinal Newman, seorang ahli lama terkemuka di abad lalu:

Meskipun yang bermanfaat tak selalu baik, yang baik selalu bermanfaat… Pengetahuan mampu menjadi akhir untuk dirinya sendiri. Seperti halnya dasar pikiran manusia yang berupa berbagai macam pengetahuan, jika hal ini benar demikian, hal ini merupakan hadiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar