Lesson Study adalah suatu metode yang dikembangkan di
Jepang yang dalam bahasa Jepangnya disebut Jugyokenkyuu. Istilah lesson study
sendiri diciptakan oleh Makoto Yoshida.
Lesson Study merupakan
suatu proses dalam mengembangkan profesionalitas guru-guru di Jepang dengan
jalan menyelidiki/ menguji praktik mengajar mereka agar menjadi lebih efektif.
Adapun langkah-langkahnya
sebagai berikut:
1. Sejumlah guru bekerjasama
dalam suatu kelompok. Kerjasama ini meliputi:
a. Perencanaan.
b. Praktek mengajar.
c. Observasi.
d. Refleksi/ kritikan
terhadap pembelajaran.
2. Salah satu guru dalam
kelompok tersebut melakukan tahap perencanaan yaitu membuat rencana pembelajaran
yang matang dilengkapi dengan dasar-dasar teori yang menunjang.
3. Guru yang telah membuat
rencana pembelajaran pada (2) kemudian mengajar di kelas sesungguhnya. Berarti
tahap praktek mengajar terlaksana.
4. Guru-guru lain dalam
kelompok tersebut mengamati proses pembelajaran sambil mencocokkan rencana
pembelajaran yang telah dibuat. Berarti tahap observasi terlalui.
5. Semua guru dalam
kelompok termasuk guru yang telah mengajar kemudian bersama-sama mendiskusikan
pengamatan mereka terhadap pembelajaran yang telah berlangsung. Tahap ini
merupakan tahap refleksi. Dalam tahap ini juga didiskusikan langkah-langkah
perbaikan untuk pembelajaran berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar