Selasa, 06 Desember 2016

Pengembangan Kurikulum

Pengembangan Kurikulum 2013 seperti pengembangan kurikulum pada umumnya terdiri dari beberapa tingkat, yaitu pengembangan kurikulum tingkat nasional, pengembangan kurikulum tingkat wilayah, pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, pengembangan silabus, dan pengembangan program pembelajaran.

1.  Pengembangan Kurikulum Tingkat Nasional
Pada tingkat nasional dilakukan penataan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP), terutama pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Adapun penataan terhadap empat mata pelajaran yaitu: Agama, PPKN, Mtematika, dan Bahasa Indonesia. Pada tinkgat nasional, pengembangan kurikulum meliputi jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah, baik secara vertical maupun horizontal dalam rangka merealisasikan tujuan pendidikan nasional

      2. Pengembangan Kurikulum Tingkat Wilayah
Pengembangan kurikulum tingkat wilayah berkaitan dengan pengembangan kompetensi dan silabus untuk berbagai mata pelajaran diluar mata pelajaran kurikulum nasional. Pengembangan Kurikulum Tingkat Wilayah di bawah koordinasi dinas pendidikan provinsi. Termasuk dalam kurikulum tingkat wilayah ini dan adalah muatan local dan bahasa daerah.
      
     3. Perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Mengembangkan kompetensi lulusan, dan merumuskan tujuan-tujuan pendidikan pada berbagai jenis lembaga pendidikan, dikembangkannya bidan studi-bidang studi yang akan diberikan untuk merealisasikan tujuan tersebut, mengembangkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga kependidikan (guru dan nonguru) sesuai dengan kualifikasi yang diperlukan, mengidentifikasi fasilitas pembelajaran yang diperlukan untuk memberi kemudahan belajar.

         4Pengembangan Silabus
Dalam Kurikulum 2013, pengembangan silabus tidak lagi oleh guru, tetapi sudah disiapkan oleh tim pengembang kurikulum,baik ditingkat pusat maupun wilayah. Dengan demikian guru tinggal mengembangkan RPP berdasarkan buku panduan guru, buku panduan siswa dan buku sumber yang semuanya telah disiapkan

  
      5. Pengembangan Program Pembelajaran
Berdasarkan silabus, kompetensi inti, dan kompetensi lulusan yang telah diidentifikasi dan diurutkan sesuai dengan tingkat pencapaiannya, selanjutnya dikembangkan program-program pembelajaran. Dalam Kurikulum 2013 program pembelajaran yang dikembangkan adalah tematik, dan terpadu sehingga kegiatan pengembangan kurikulum pada tingkat ini adalah menyusun dan mengembangkan rencana pembelajaran terpadu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar