Pengembangan Kurikulum
2013 seperti pengembangan kurikulum pada umumnya terdiri dari beberapa tingkat,
yaitu pengembangan kurikulum tingkat nasional, pengembangan kurikulum tingkat
wilayah, pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, pengembangan
silabus, dan pengembangan program pembelajaran.
1. Pengembangan Kurikulum Tingkat Nasional
Pada
tingkat nasional dilakukan penataan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP),
terutama pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Adapun penataan terhadap empat
mata pelajaran yaitu: Agama, PPKN, Mtematika, dan Bahasa Indonesia. Pada
tinkgat nasional, pengembangan kurikulum meliputi jalur pendidikan sekolah dan
luar sekolah, baik secara vertical maupun horizontal dalam rangka
merealisasikan tujuan pendidikan nasional
2. Pengembangan Kurikulum Tingkat Wilayah
Pengembangan
kurikulum tingkat wilayah berkaitan dengan pengembangan kompetensi dan silabus
untuk berbagai mata pelajaran diluar mata pelajaran kurikulum nasional.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Wilayah di bawah koordinasi dinas pendidikan
provinsi. Termasuk dalam kurikulum tingkat wilayah ini dan adalah muatan local
dan bahasa daerah.
3. Perkembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan
Mengembangkan
kompetensi lulusan, dan merumuskan tujuan-tujuan pendidikan pada berbagai jenis
lembaga pendidikan, dikembangkannya bidan studi-bidang studi yang akan
diberikan untuk merealisasikan tujuan tersebut, mengembangkan dan
mengidentifikasi tenaga-tenaga kependidikan (guru dan nonguru) sesuai dengan
kualifikasi yang diperlukan, mengidentifikasi fasilitas pembelajaran yang diperlukan
untuk memberi kemudahan belajar.
4. Pengembangan Silabus
Dalam
Kurikulum 2013, pengembangan silabus tidak lagi oleh guru, tetapi sudah
disiapkan oleh tim pengembang kurikulum,baik ditingkat pusat maupun wilayah.
Dengan demikian guru tinggal mengembangkan RPP berdasarkan buku panduan guru,
buku panduan siswa dan buku sumber yang semuanya telah disiapkan
5. Pengembangan Program Pembelajaran
Berdasarkan
silabus, kompetensi inti, dan kompetensi lulusan yang telah diidentifikasi dan
diurutkan sesuai dengan tingkat pencapaiannya, selanjutnya dikembangkan
program-program pembelajaran. Dalam Kurikulum 2013 program pembelajaran yang
dikembangkan adalah tematik, dan terpadu sehingga kegiatan pengembangan
kurikulum pada tingkat ini adalah menyusun dan mengembangkan rencana
pembelajaran terpadu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar