Setiap
individu mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang hendak dipenuhi. Kebutuhan peserta
didik mendapatkan perhatian dari sejumlah ahli psikologi, salah satu teori yang
dapat dihubungkan dengan peserta didik oleh Abraham H. Maslow. Manusia
dilukiskan oleh Maslow adalah jika kebutuhan berikutnya yang menuntut kepuasan,
hal ini terus terjadi sepanjang kehidupan manusia (Jerry dan Phares, 1987).
Maslow
menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai
teori hierarki kebutuhan. Menurut Maslow manusia termotivasi untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan –kebutuhan tersebut memiliki tingkatan
atau hierarki, mulai dari yang paling rendah sampai yang bersifat paling tinggi.
Adapun hierarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Kebutuhan
Fisiologis
2. Kebutuhan
Akan Rasa Aman
3. Kebutuhan
Dicintai dan Disayangi
4. Kebutuhan
Akan Penghargaan
5. Kebutuhan
Akan Aktualisasi Diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar