Jumat, 23 Desember 2016

Teori Kebutuhan Peserta Didik

Setiap individu mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang hendak dipenuhi. Kebutuhan peserta didik mendapatkan perhatian dari sejumlah ahli psikologi, salah satu teori yang dapat dihubungkan dengan peserta didik oleh Abraham H. Maslow. Manusia dilukiskan oleh Maslow adalah jika kebutuhan berikutnya yang menuntut kepuasan, hal ini terus terjadi sepanjang kehidupan manusia (Jerry dan Phares, 1987).

Maslow menggunakan piramida sebagai peraga untuk memvisualisasi gagasannya mengenai teori hierarki kebutuhan. Menurut Maslow manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan –kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hierarki, mulai dari yang paling rendah sampai yang bersifat paling tinggi. Adapun hierarki kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut.
1.    Kebutuhan Fisiologis
2.    Kebutuhan Akan Rasa Aman
3.    Kebutuhan Dicintai dan Disayangi
4.    Kebutuhan Akan Penghargaan

5.    Kebutuhan Akan Aktualisasi Diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar