Berikut Ciri-Ciri Perkembangan Anak
Usia Sekolah Dasar
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 7 Tahun
1) Fisik
· Pandangan
terbatas.
· Bekerja
dengan kepala di atas meja.
· Menggenggam
pensil (diujung).
· Dapat
menulis dengan rapi.
· Kadang-kadang
tegang.
· Suka
ruang yang telah ditentukan.
· Sering
merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura.
2) Sosial
· Suka
menyendiri, tertutup.
· Membutuhkan
penguatan terus-menerus (aman dan teratur).
· Kadang
murung, sedih, merajuk, malu.
· Merasa
tidak banyak orang yang menyukainya (berubah).
· Percaya
pada guru untuk membantunya.
· Sensitif
pada perasaan orang lain, kadang suka mengadu.
· Tidak
suka melakukan kesalahan.
· Kuat
perasaan suka dan tidak suka.
· Menjaga
kerapian meja dan lingkungan.
3) Bahasa
· Pendengar
yang baik.
· Pembicara
yang tepat.
· Suka
dialog/percakapan berpasangan.
· Perkembangan
kosa kata cepat.
· Tertarik
cari arti/maksud kata.
· Suka
sampaikan catatan kecil.
· Berminat
dengan bermacam-macam simbol.
4) Kognisi
· Suka
mengulang pelajaran.
· Butuh
akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas).
· Suka
bekerja secara bertahap (sedikit demi sedikit).
· Suka
bekerja sendiri.
· Suka
dibacakan.
· Suka
menghapus (ingin sempurna).
· Ingin
menemukan bagaimana suatu benda bekerja.
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 8 Tahun
1) Fisik
· Bergerak
cepat, bekerja dengan tergesa-gesa.
· Penuh
dengan energi.
· Perlu
pelepasan energi secara fisik (kegiatan di luar ruangan).
· Kadang
sedikit aneh.
· Rentang
konsentrasi terbatas.
· Memiliki
pandangan dekat dan jauh sama kuat.
2) Sosial
· Persifat
sangat baik, penuh dengan humor.
· Suka
bekerja sama.
· Sering
“menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan
mereka.
· Resisten
(bertahan); membuat alasan dengan cepat membuat kesalahan.
· Lebih
suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis.
· Bermasalah
dengan aturan dan batasan-batasan.
· Kelompok
pertemanan lebih banyak dari usia 7 tahun.
3) Bahasa
· Bicara
aktif.
· Mendengarkan
tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah
dikatakannya.
· Melebih-lebihkan
dalam bicara.
· Suka
dalam menjelaskan gagasan.
· Perluasan
kosa kata yang sangat cepat.
4) Kognisi
· Suka
kegiatan kelompok.
· Suka
menghasilkan sesuatu.
· Sering
bekerja dengan keras/kuat.
· Mulai
mahir dalam keterampilan dasar.
· Mulai
merasakan kemampuan keterampilannya.
· Bertambah
bagus dalam melakukan operasi konkret.
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 9 Tahun
1) Fisik
· Meningkatkan
dalam koordinasi geraknya.
· Tertantang
melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa).
· Sering
terluka.
· Banyak
mengeluh pada tubuhnya.
· Menunjukkan
kegelisahan dengan mengigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut.
2) Sosial
· Sangat
tinggi dalam kompetitif.
· Self aware.
· Tidak
sabar.
· Sering
merasa khawatir, cemas.
· Membuka
jarak dengan orang lain.
· Sering
mengeluh; masalah persamaan.
· Melihat
orang dewasa secara tidak konsisten dab sebagai kontrol.
· Kritis.
· Sering
marah dan berubah-ubah emosinya.
· Individualistik.
3) Bahasa
· Menggunakan
kata-kata bersifat deskripsi.
· Senang
bermain dalam kata dan bahasa serta informasi.
· Bahasa
seperti bayi kadang muncul kembali.
· Menggunakan
kata-kata yang melebih-lebihkan.
· Saat
banyak menggunakan kata-kata negatif seperti: aku benci itu, aku tidak bisa,
bosan, iya ya.
· Senang
bercanda yang sifatnya jorok.
· Mencampuradukan
bahasa ketika bicara.
4) Kognisi
· Senang
menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri.
· Mulai
mengenal dunia yang lebih luas.
· Sedikit
berimajinasi.
· Rasa
ingin tahu secara intelektual.
· Mampu
beradaptasi dengan beberapa kondisi yang ia hadapi.
· Bermasalah
dengan kondisi abstrak. Angka-angka yang banyak, masa waktu dan ruang.
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 10 Tahun
1) Fisik
· Perkembangan
otot besar.
· Sangat
membutuhkan waktu di luar ruangan dan tantangan fisik.
· Tulisan
tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 tahun).
· Makanan
ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya.
2) Bahasa
· Pendengar
yang bauik.
· Banyak
membaca.
· Ekspresif,
suka menjelaskan, aktif berbicara.
· Bekerja
sama dan bersaing.
· Bersahabat,
dan bergembira.
3) Kognisi
· Daya
ingat cukup produktif.
· Kemampuan
pada hal yang abstrak mulai meningkat.
· Menyukai
aturan dan hal-hal yang masuk akal.
· Mengklasifikasi
dan mengumpulkan hal-hal yang disukai, dan suka menyusun.
· Mampu
konsentrasi dengan baik, bisa membaca dalam waktu yang relatif lama.
· Menjadi
orang yang mampu menyelesaikan masalah dengan baik.
· Bangga
dengan hasil akademiknya.
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 11 Tahun
1) Fisik
· Meningkatnya
nafsu makan, kegiatan dan bicara.
· Munculnya
pubertas pada sebagian anak perempuan.
· Gerakan
yang stabil, kurang waktu istirahat.
· Sering
kena flu dan terkadang infeksi telinga.
· Nutuh
istirahat yang cukup.
· Agak
kurang menggunakan kekuatan fisik.
· Kemampuan
motorik halusnya baik.
2) Sosial
· Peka,
emosinya tidak stabil.
· Bersebrangan
pendapat.
· Senang
berada di luar rumah.
· Selalu
mengikuti kata hati, kasar, dan kurang peduli.
· Suka
berargumentasi.
· Kesulitan
membuat keputusan.
· Memahami
keadaan dirinya.
· Emosional.
· Mudah
masuk/keluar dari kelompoknya.
3) Bahasa
· Senang
berbicara di telepon.
· Selalu
menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan.
· Bicara
kasar.
· Suka
berargumen, pendebat ulung.
· Apresiatif
terhadap humor.
· Mengadopsi
bahasa orang dewasa.
4) Kognisi
· Suka
tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas
berikutnya.
· Dapat
berpikir abstrak.
· Mahir
memberi alasan.
· Dapat
membangun dan memodifikasi aturan.
· Memusatkan
perhatian pada perkembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi.
· Suka
berargumentasi.
Ø Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah
Dasar Usia 12 Tahun
1) Fisik
· Energi
tinggi.
· Butuh
banyak istirahat.
· Dorongan
pertumbuhan, tanda pubertas.
· Makan
itu sangat dipentingkan (snack pagi
di sekolah).
· Pendidikan
jasmani sangat dibutuhkan.
2) Sosial
· Mulai
tampak kepribadian orang dewasa.
· Dapat
memberikan alasan yang lebih masuk akal.
· Antusias
dan tikak malu-malu.
· Berinisiatif
untuk kegiatannya sendiri.
· Empati.
· Peduli
pada dirinya dan sangat pengertian.
· Dapat
membuat tujuan yang nyata dalam waktu yang singkat.
· Muncul
rasa aman terhadap dirinya.
· Teman
sebaya lebih penting daripada guru.
3) Bahasa
· Muncul
kekasaran (sarkasme).
· Memiliki
makna ganda, bermain kata-kata, bercanda secara kemampuan mereka.
· Asyik
mengobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya dengan bahasa “gaul”.
4) Kognisi
· Kemampuan
memahami hal yang abstrak meningkat.
· Muncul
kemampuan pada keterampilan/area tertentu.
· Dapat
dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen.
· Sangat
tertarik pada hal-hal baru politik, keadilan sosial.
Meneliti dan mempelajari keterampilan sebelumnya
dengan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar