Teori pendidikan adalah suatu
teori yang mengemukan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan,
misalnya mengenai kurikulum, kegiatan belajar, proses pengajaran, sistem
belajar dan lain-lain. Dalam hal ini kurikulum memiliki keterkaitan yang erat dengan
teori pendidikan. Ada empat macam teori pendidikan, seperti berikut ini :
a.
Pendidikan
Klasik
Teori pendidikan klasik berlandaskan pada
filsafat klasik, yang memandang bahwa pendidikan berfungsi sebagai upaya
memelihara, mengawetkan dan meneruskan warisan budaya. Teori pendidikan ini
lebih menekankan peranan isi pendidikan dari pada prosesnya. Isi pendidikan
atau bahan pengajaran diambil dari sari ilmu pengetahuan yang telah dietmukan
dan dikembangkan oleh para ahli di bidangnya dan disusun secara logis dan
sistematis. Misalnya teori fisika, biologi, matematika, bahasa, sejarah dan
sebagainya.
b.
Pendidikan
Pribadi
Teori
pendidikan ini berasal dari sebuah asumsi bahwa anak telah memiliki
potensi-potensi tertentu semenjak dia dilahirkan. Pendidikan yang didapat oleh
anak selanjutnya harus disesuaikan dengan latar belakang dan minat si anak sebagai
pelaku utama pendidikan. Guru hanya bersifat membimbing dan pendorong semangat
belajar anak. Ada anak yang tidak suka belajar dalam kelas tapi sekali dia
melihat guru sedang menerangkan pasti langsung terserap dalam otaknya. Tanpa
perlu penjelasan terlalu dalam dia bisa menyerap semua pelajaran dengan mudah.
c. Teknologi
Dalam Pendidikan
Dalam proses pendidikan
tentunya ada proses penyampaian informasi dari seorang guru kepada muridnya.
Dalam hal ini teknologi berperan untuk meningkatkan kinerja para pendidik dalam
menyampaikan informasi itu. Teori pendidikan dalam teknologi lebih mengutamakan
pembentukan dan penguasaan kompetensi atau kemampuan-kemampuan praktis. Jadi
dalam teknologi pendidikan budaya lama dalam pendidikan itu sendiri akan berkembang
atau berubah menjadi baru. Teknologi dalam pendidikan bertujuan untuk
mengembangkan cara baru dalam proses pembelajaran sehingga anak akan terbatu
dengan lebih cepat dalam mencapai tujuan pendidikan. Misalnya melalui, buku
atau elektronik seperti newsletter atau email.
d. Pendidikan
Nasional
Teori
pendidikan interaksional adalah suatu konsep pendidikan yang memiliki latar
belakang pemikiran manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi
dan bekerja sama dengan manusia lainnya. Dalam pendidikan juga terdapat proses
interaksi yang terjadi antara guru, anak didik dan lingkungan tempat
pembelajaran itu terjadi. Pendidikan interaksional menjadi sumber utama untuk menghadapkan
anak didik pada kurikulum yang bersifat tantangan, hambatan dan gangguan yang
dihadapi oleh manusia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar