Ilmu pendidikan adalah termasuk ilmu
pengetahuan empiris yang diangkat dari pengalaman pendidikan, kemudian disusun
secara teoritis untuk digunakan secara praktis. Dengan menempatkan kedudukan
ilmu pendidikan didalam sistemmatika ilmu pengetahuan.
Ilmu pendidikan bersifat normatif berarti pendidikan juga bersifat praktis
karena pendidikan sebagai bahan ajar yang patut diterapkan dalam kehidupan,
sehingga pendidik bertugas menanamkan sistem-sistem norma tingkah laku manusia
yang dibanggaakan, dihormati dan dijunjung tinggi oleh masyarakat (kondisi
sebaliknya akan menyebabkan anak dijauhi oleh masyarakat). Secara etis ilmu
pendidikan diarahkan untuk menciptakan kesejahteraan hidup manusia, sebaliknya
tindakan yang ditujukan untuk menistakan atau melaratkan manusia dikatakan
diluar perbuatan pendidikan.
Dalam ilmu mendidik teoritis para cerdik pandai
mengatur dan mensistemkan didalam pemikiran masalah yang tersusun sebagai pola
pemikiran pendidikan. Jadi dari
pratik-pratik teoritis inilah pendidikan disusun secara teoritis. Dan
pemikiran-pemikiran teoritis inilah yang disusun dalam suatu sistem pndidikan yang
biasa disebut Ilmu mendidik teoritis.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan sebagai ilmu
praktis adalah suatu praktek pendidikan
untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam mencari pengetahuan.
Pendidikan sebagai ilmu teoritis adalah pendidikan dilaksanakan berdasarkan
teori yang sudah ada untuk mempermudah jalanya pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar